Senin, 16 September 2013

Merancang Tampak Depan Rumah

Tampak depan rumah atau fasad, sangat saya perhatikan, karena kesan pertama dari bagus tidaknya rumah adalah dari tampak depan rumah. Rumah kami bukan rumah sudut atau bukan rumah hoek, tapi karena lahan kami terdiri dari 2 kavling dan kavling saya bangun hanya 1 di sisi sebelah kiri rumah, sehingga sisi sebelah kanan rumah dapak kami buat taman, dan rumah dapat memiliki dua muka, depan dan kanan.

Saya dan istri sepakat tidak memilih model rumah minimalis, tapi rumah kami akan kami buat dengan gaya dan keinginan sendiri, entah termasuk aliran apa nantinya yang penting kami puas. Pesan dari istri hanya ingin tampak depan rumah terlihat megah dan mewah dengan pilar bulat yang membuat rumah terkesan besar dan kokoh. Sedangkan saya lebih suka garis-garis lurus sebagai profil untuk mempercantik tampak depan. Hasilnya berhasil kami kolaborasi menjadi rumah yang menuruh banyak orang desainnya bagus.

Karena memiliki dua muka, rumah yang kami bangun memiliki dua teras di bawah dan dua balkon diatas, satu menghadap Utara dan satunya menghadap Timur. Teras depan kami buat tidak terlalu besar, dilengkapi kolam ikan yang rencananya akan kami isi dengan ikan Koi, dilengkapi dengan batu-batuan untuk air terjun yang kami beli di Muntulan, Jawa Tengah, ketika kami berlibur ke Yogya.

Istri saya tidak menyukai penggunaan batu alam yang ditempel di fasad, permainan warna yang kami pilih untuk mempercantik rumah kami. Untuk pemilihan tampak depan anak-anak tidak banyak dilibatkan, karena mereka juga tidak terlalu paham akan hal ini. 

Tampak depan rumah ini saya tuangkan dalam gambar yang saya buat dengan menggunakan skechup, lalu diperlihatkan ke istri, setelah istri setuju, kita lanjut ke tahap persiapan renovasi rumah selanjutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar